Beranda Forum Radio SSB Ini dia Cara Merawat Rantai Roda Sepeda Motor

Melihat 1 tulisan (dari total 1)
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
  • #8176

    Fungsi rantai motor adalah sebagai media buat meneruskan putaran mesin dari counter shaft transmisi ke bagian roda belakang. Dimana rantai tadi akan bekerja menggunakan memanfaatkan gir atau spocket. dengan begitu roda belakang pun akan mampu berputar dengan semestinya serta mempermudah dalam berkendara.

    Melihat pentingnya rantai di sepeda bmx maka Tim Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno berkata, “pengguna sepeda motor sangat perlu diperhatikan kualitas rantai sepeda motor kesayangannya supaya selalu prima. Perawatan atau pengecekan pengecekan roda yg disarankan dilakukan setiap periode 4.000 km.”

    Endro Sutarno memaparkan, beberapa cara merawat rantai roda agar sepeda motor supaya dapat menghasilkan kinerja yg maksimal serta menyampaikan kenyamanan ketika dikendarai.

    Pertama, kenali bagian rantai. Sebelum mengetahui cara perawatan, terlebih dahulu bagian-bagian yang terdapat di rantai roda. Rantai di sepeda motor terhubung dengan drive sprocket (gear mesin) dan driven sprocket (gear di roda). Rantai itu sendiri terdiri berasal roller link saling terhubung yang disatukan menggunakan master link menjadi penyambung 2 sisi rantai.

    Selain itu perhatikan pemilihan jenis rantai yang digunakan, ada perbeda ukuran rantai motor bebek serta sport. disparitas terdiri berasal ukuran panjang rantai dan pula ukuran lebar dari roller link.

    “Mengetahui bagian-bagian dari salah satu langkah awal buat mengetahui hadiah pelumas di rantai sekaligus pengncekan kualitas rantai. Pengguna sepeda motor perlu memastikan roller link dapat berputar 180 derajat,” ujar Endro Sutarno.

    kedua, lanjut Endro Sutarno jarak main bebas. jeda main bebas rantai roda bisa dikatakan hal krusial dalam memastikan batas kekenduran dari rantai roda buat mendapatkan tenaga yang optimal berasal sepeda motor. Para pengguna sepeda motor bisa melihat batas jarak utama bebas yang tertera para stiker yg berada pada cover rantai.

    dalam mengukur kekencangan rantai roda, para pengguna sepeda motor wajib memastian sepeda motor berada pada posisi baku tengah dan posisi gigi netral, lalu putar roda buat menemukan kekenduran rantai yang paling kecil. Terakhir, pakai penggaris mengukur taraf kekenduran di bagian kekenduran yg paling kecil atau di tengah-tengah antar 2 sproket.

    “Jika kekenduran melebihi batas jeda main bebas yang terdapat pada stiker, usahakan dilakukan setel kekencangan atau bisa dibawa ke bengkel resmi terdekat,” terperinci Endro Sutarno.

    Ketiga, tambah Endro Sutarno, pakai pelumas. Sebelum menyampaikan pelumas di rantai motor, para bikers perlu melakukan pemugaran rantai dengan menggunakan cairan pembersih (detergen) dan sikat mungil, selanjutnya bisa dilakukan bagian pengeringan menggunakan memakai kain kering pada seluruh rantai rantai. dalam melakukan proses menghindari, menghindari memakai cairan pembersih yang praktis terbakar.

    sehabis proses pembersihan rantai, beri pelumas menggunakan memakai pelumas rantai roda. Berikan oli atau pelumas pada roller rink dan link plate. “Selain memakai pelumas rantai, pengguna sepeda motor dapat memakai Oli gear SAE 80 – 90 baru sebagai akibatnya rantai rantai bisa terjaga dengan baik,” ujar Endro Sutarno.

    menurut Endro Sutarno, pada prisipnya rantai sepeda motor yg bekerja dengan gesekankan menggunakan bagian lainnya akan mengalami keausan, sehingga butuh perawatan yg rutin. “Merawat rantai sepeda motor merupakan salah satu hal penting menjadi perpanjangan umur rantai dan menghindari kemungkinan lepas dari gear set,” pungkas Endro Sutarno.

Melihat 1 tulisan (dari total 1)
  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.